Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan

Menikmati tempat wisata di Kabupaten Pasuruan memang tidak ada habisnya. Selain wisata Candi Jawi di Pasuruan yang penuh dengan cerita sejarah raja terakkhir di Kerajaan Singosari, wisata alamnya pun begitu indah. Salah satu yang saya datangi tentu saja air terjun. Air terjun itu bernama air terjun Putuk Truno. 

tempat wisata di pasuruan

Air Terjun Putuk Truno berada di kaki Gunung Welirang dan Arjuno dengan ketinggian sekitar 45 meter. Air terjun ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan udara yang sejuk. Di sekitarnya terdapat juga taman dan area rekreasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan. 

Lokasi

Air Terjun Putuk Truno terletak di Jalan Putuk Truno, Desa Prigen, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun ini berada di kawasan Taman Hutan Raya R. Soerjo dan berada pada ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.

Cara Menuju ke Air Terjun Putuk Truno

  • Dari Surabaya

Jarak dari Surabaya ke Prigen sekitar 60 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam dengan kendaraan pribadi.

Dari Surabaya, arahkan kendaraan menuju tol Surabaya-Porong, lalu keluar di pintu tol Sidoarjo dan lanjutkan perjalanan ke arah Pandaan.

Setelah tiba di Pandaan, ikuti petunjuk jalan menuju Prigen.

  • Dari Malang

Jarak dari Malang ke Prigen sekitar 50 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Dari Malang, ambil arah menuju Lawang, lalu lanjutkan ke arah Pandaan. Setelah tiba di Pandaan, ikuti petunjuk jalan menuju Prigen.

  • Setelah Tiba di Prigen

Dari Prigen, ikuti petunjuk jalan menuju Taman Hutan Raya R. Soerjo atau tanyakan arah ke penduduk setempat menuju Air Terjun Putuk Truno.

Kalian bisa memarkir kendaraan di area parkir yang telah disediakan, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit melewati jalur yang sudah disediakan menuju lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk menikmati keindahan air terjunnya, pegunjung akan dikenakan harga tiket masuk ke air terjun Putuk Truno sebesar Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada akhir pekan. Untuk wisatawan asing dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp. 25.000,-

Sedangkan biaya parkir kendaraan adalah untuk motor sebesar Rp 5.000 dan parkir mobil sebesar Rp 10.000. Wisata Air Terjun Putuk Truno buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Fasilitas di Air Terjun Putuk Truno

Di Air Terjun Putuk Truno, terdapat beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung, antara lain:

tempat wisata di Pasuruan, Jawa Timur

  • Area Parkir

Tersedia area parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Arenya bahkan cukup luas untuk memarkir beberapa bus lho. Jadi buat yang ingin kesini bersama teman dan keluarga jadi bisa datang rame-rame deh.

  • Toilet Umum

Tersedia toilet umum yang bisa digunakan oleh pengunjung. Ada juga beberapa tempat untuk ruang ganti jika kalian ingin bermain air dan berbasah-basahan di area wisata air terjun Putuk Truno ini.

  • Cafe

Di dekat loket tiket, terdapat sebuah cafe bernama Forest Truno Cafe yang menjual makanan, minuman, dan oleh-oleh. Harga makanannya sangat terjangkau, dengan harga mulai dari Rp.10.000 hingga Rp. 30.000.

  • Gazebo dan Tempat Duduk

Buat yang ingin duduk-duduk dan bersantai menikmati suasana alam yang asri dan teduh, tersedia beberapa gazebo dan tempat duduk di sekitar area air terjun untuk bersantai. Buat orang tua, di sepanjang perjalanan dari loket tiket sampai ke air terjun, terdapat beberapa tempat duduk yang bisa menjadi tempat beristirahat sejenak.

tempat wisata di Pasuruan, Jawa Timur

  • Spot Foto

Ada beberapa tempat yang disediakan untuk kalian yang hobi berfoto. 

  • Tempat Sampah

Tersedia tempat sampah di beberapa titik untuk menjaga kebersihan area wisata. Ingat! Kalian datang ke tempat wisata yang kondisinya bersih, maka ketika meninggalkannya harus tetap bersih juga ya! 

Dengan semua fasilitas tersebut, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun Putuk Truno dengan nyaman.

  • Musholla

Disediakan sebuah musholla yang berada di dekat pintu gerbang air terjun Putuk Truno. Lokasinya bersebelahan dengan Forest Truno Cafe.

  • Gardu Pandang

Terdapat dua gardu pandang yang bisa dijadikan spot foto buat kalian yang hanya ingin sekedar mengagumi keindahan air terjun Putuk Truno tanpa harus turun ke kolamnya. 

Tips Mengunjungi Air Terjun Putuk Truno 

Jika kalian merencanakan kunjungan ke Air Terjun Putuk Truno, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

tempat wisata di Pasuruan, Jawa Timur

Cek Kondisi Alam dan Cuaca

Pastikan untuk memilih hari dengan cuaca cerah agar dapat menikmati keindahan air terjun tanpa kendala. Saat cuaca mendung atau hujan, debit air bisa meningkat drastis dan meningkatkan risiko bahaya bagi pengunjung. Tanyakan kepada petugas soal keamanannya jika kebetulan kalian berada di sana saat cuaca mendung atau hujan.

Bawa Baju Ganti

Jika kalian puna rencana untuk bermain air di area telaga atau kolam di bawah air terjunnya, pastikan untuk membawa baju ganti. Pastikan juga tas kalian waterproof atau gunakan lapisan anti air karena percikan air di air terjunnya cukup kencang.

Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Meskipun ada cafe di sekitar area air terjun Putuk Truno, disarankan untuk membawa bekal makanan ringan dan air minum untuk menjaga energi selama perjalanan. Ingat! Buang sampah bekalnya di tempat sampah yang sudah disediakan ya.

Jaga Kebersihan

Selalu jaga kebersihan dan lingkungan saat mengunjungi Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan ini. Buanglah sampah pada tempatnya demi menjaga kelestarian alam dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung lainnya.

Setelah puas bermain air di wisata air terjun Putuk Truno, maka tempat wisata di Pasuruan berikutnya yang akan saya kunjungi adalah Gunung Bromo. Jadi, mari kita bersiap-siap traveling di Kabupaten Pasuruan terus ya.(EKW)


Comments