Sehari di Kota Da Nang, Vietnam

Kota Da Nang, Vietnam adalah kota terakhir dari rangkaian trip impulsif ke Vietnam. Di sini saya dan kedua teman saya, Rahma dan Andini menginap satu malam usai walking tour sehari di kota tua Hoi An

Sekilas Kota Da Nang, Vietnam

Kota Da Nang adalah sebuah kota yang terletak di pantai tengah Vietnam. Sebagai salah satu kota terbesar di pesisir Vietnam, Da Nang memiliki pesona alam yang memukau dengan pantai-pantai berpasir putih, pegunungan yang hijau, serta sungai-sungai yang membelah kota. 
Traveling ke Kota Da Nang, Vietnam



Selain keindahan alamnya, Da Nang juga merupakan pusat budaya dan sejarah di Vietnam. Kota ini memiliki beragam situs bersejarah seperti Kuil-kuil kuno, museum-museum, serta peninggalan kolonial yang masih terjaga dengan baik. 

Di sisi lain, Da Nang juga merupakan pusat ekonomi yang penting di Vietnam dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Kota ini menawarkan berbagai peluang investasi dan bisnis, serta infrastruktur yang modern dan berkembang. Dengan kombinasi antara keindahan alam, warisan budaya, dan perkembangan ekonominya, Da Nang bisa menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Rekomendasi Tempat Wisata di Da Nang, Vietnam

Sayangnya karena cuma sehari semalam berada di Kota Da Nang, akhirnya saya hanya bisa menjelajahi beberapa tempat saja. Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi di Kota Da Nang, Vietnam

1. Pantai May Khe

Pantai ini dikenal dengan pasirnya yang lembut dan air laut yang jernih, ideal untuk berenang dan berjemur. Pantai ini menghadapi langsung ke Laut China Selatan sehingga anginbdan ombaknya cukup kencang. Itu sebabnya pantai ini juga menjadi tempat surfing. 

Saat pagi hari menyusuri pantai ini, saya melihat beberapa grup surfing yang sedang berlatih di pantai ini. Jadi buat kalian yang ingin mencoba tantangan baru, bisa ikutan kelas surfing di Pantai May Khe ini. Kalian bisa langsung mendatangi beberapa tempat atau resort yang membuka kelas surfing di sini. 

2. Dragon Bridge (Jembatan Naga)

Jembatan Naga (Dragon Bridge) di Da Nang adalah ikon arsitektur modern yang dirancang menyerupai naga, simbol kekuatan dan keberuntungan dalam budaya Vietnam. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 666 meter dan lebar 37,5 meter dengan enam lajur lalu lintas. 

Selain berfungsi sebagai infrastruktur penting, jembatan ini memiliki pertunjukan spektakuler setiap akhir pekan dan hari libur, di mana naga menghembuskan api dan air dari mulutnya, serta dilengkapi dengan pencahayaan LED yang berubah warna di malam hari.

Dibuka pada tahun 2013, bertepatan dengan peringatan 38 tahun pembebasan Da Nang, Jembatan Naga melintasi Sungai Han dan menghubungkan pusat kota dengan pantai-pantai di sebelah timur. Proyek ini menelan biaya sekitar 1,5 triliun VND (sekitar 88 juta USD). 

Pencahayaan malamnya menarik wisatawan dan penduduk lokal, menjadikannya daya tarik utama yang menambah keindahan dan daya tarik kota Da Nang. Makanya nongkrong di tepi Sungai Han di sekitar Jembatan Naga ini sambil menikmati kopi lokal Vietnam menjadi salah satu hal yang harus kalian lakukan jika berkesempatan mengunjungi kota Da Nang, Vietnam.

3. Pagoda Linh Ung 

Pagoda Linh Ung di Da Nang adalah salah satu pagoda terbesar dan paling terkenal di Vietnam yang terletak di semenanjung Son Tra. Pagoda ini dibangun dengan arsitektur yang megah dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah. 

Salah satu daya tarik utamanya adalah patung Buddha Quan Am berwarna putih setinggi 67 meter, yang merupakan patung tertinggi di Vietnam. Patung ini berdiri di atas platform teratai setinggi 35 meter dan menghadap ke laut, melambangkan kedamaian dan perlindungan bagi para nelayan.

Saking tinggi dan megahnya patung Buddha Quan Am ini, patung ini bisa terlihat dari dalam kereta yang menuju kota Da Nang mulai dari Teluk Da Nang. Patung ini juga bisa terlihat dari Pantai May Khe. 

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam sehari di Kota Da Nang, Vietnam. Kota ini jadi penutup rangkaian trip impulsif ke Vietnam selama 12 hari. 

Rasanya hampir 2 minggu di Vietnam, Masih banyak kota menarik yang belum saya kunjungi. Apakah kalian punya rekomendasi kota di Vietnam yang bisa dikunjungi untuk trip ke Vietnam berikutnya? Share dong di kolom komentar. (EKW)



Comments

  1. Asyik ya bisa jalan2 ke Vietnam dan makin penasaran karena belum ada foto pantainya😁. Kalo buat traveler pemula yg baru pertama kali ke Asia tenggara mending ke Vietnam dulu ya? Di sana warganya friendly kan?

    ReplyDelete
  2. aku udah ngebayangin lewat jembatan Da Nang dengan patung naganya itu, ehh tiket direschedule terus gara-gara covid.
    tiap kota di Vietnam punya keunikan sendiri-sendiri, rasanya pengen semua kota disinggahi, tapi apa daya cuti ga bisa lama-lama

    ReplyDelete
  3. Ah, Vietnam ini udah lama jadi tempat destinasi di Asia yang patut aku kunjungi suati hari nanti. Emang kota Da nang ini meanrik banget ya, Kak

    ReplyDelete

Post a Comment