Cara Menuju ke Penang dari Kuala Lumpur dan Ipoh

Selain Kuala Lumpur dan Melaka, Penang adalah salah satu destinasi wisata di Malaysia yang paling sering didatangi oleh turis Indonesia. Jika Kuala Lumpur terkenal sebagai tempat belanja, Melaka sebagai kota heritage, maka Penang terkenal dengan kulinernya.

Meskipun saya sudah berkali-kali ke Kuala Lumpur, namun sebenarnya saya belum berkesempatan mengunjungi Penang. Alasannya, meski saya suka kulineran juga, tapi khusus untuk Penang tampaknya harus ajak teman biar bisa sharing makanan. Soalnya porsi makanan Malaysia tuh cukup besar. Saya sendirian mah sudah pasti tidak bisa habis.

traveling ke Malaysia

November 2022, setelah menyelesaikan traveling ke Vietnam, saya pun singgah di Kuala Lumpur untuk mengunjungi Ipoh dan Penang. Kali ini, saya bertiga bersama dengan Dwi dan Riski. Niat kita sama, wisata kuliner di Penang sampai begah! Hehehe.

Sekilas Tentang Penang

Penang adalah sebuah negara bagian di Malaysia, terkenal sebagai tujuan wisata populer yang kaya akan sejarah, budaya, dan kuliner. Ibukotanya berada di George Town dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO yang dikenal dengan arsitektur kolonialnya yang megah, mural-mural jalanan yang ikonik, dan kuil-kuil yang indah. 

Kota George Town memadukan elemen tradisional dan modern, di mana bangunan tua berdampingan dengan kafe-kafe modern, menciptakan suasana yang unik dan menarik bagi wisatawan. Penang terdiri dari Penang wilayah daratan dan pulau. Kota George Town berada di Pulau Penang. 

Penang juga terkenal sebagai surganya kuliner Malaysia. Hidangan-hidangan lokal seperti Char Kway Teow, Assam Laksa, dan Nasi Kandar merupakan daya tarik utama bagi pengunjung. Street food di Penang sangat terkenal, Keberagaman budaya di Penang yang merupakan perpaduan Melayu, Tionghoa, India, dan Eurasia sangat tercermin dalam kekayaan kulinernya.

Selain itu, Penang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Pantai Batu Ferringhi, Bukit Bendera (Penang Hill), dan Taman Nasional Penang adalah beberapa destinasi alam yang menawarkan pemandangan yang indah dan aktivitas outdoornya. Pulau ini juga dikenal dengan keragaman hayatinya, termasuk beberapa spesies flora dan fauna yang langka. 

Cara Menuju ke Penang dari Kuala Lumpur

Buat kalian yang sudah berada di Kuala Lumpur dan ingin mengunjungi Penang, ada beberapa cara untuk menuju ke Penang dari Kuala Lumpur, antara lain: 

Pesawat

Cara tercepat adalah dengan penerbangan dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) atau Sultan Abdul Aziz Shah Airport (Subang Airport) ke Penang International Airport. Penerbangan biasanya memakan waktu sekitar 1 jam. Maskapai seperti AirAsia, Malaysia Airlines, dan Firefly menyediakan penerbangan langsung ke Penang setiap hari.

Kereta Api

Buat kalian yang suka naik kereta, maka kalian bisa naik kereta ETS (Electric Train Service) dari Kuala Lumpur Sentral ke Butterworth, yang terletak di daratan Penang. Perjalanan dengan kereta memakan waktu sekitar 4-5 jam. Dari Butterworth, kalian harus melanjutkan perjalanan ke pulau Penang dengan menggunakan kapal feri.

Bus

Ada banyak bus ekspres yang berangkat dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) di Kuala Lumpur menuju Penang. Perjalanan dengan bus memakan waktu sekitar 4-5 jam, tergantung kondisi lalu lintas. Bus ini biasanya akan berhenti di terminal bus Sungai Nibong atau Komtar di Pulau Penang.

Mobil Pribadi

Kalian juga bisa menyewa mobil dan berkendara sendiri. Berkendara di Malaysia bisa menggunakan SIM Indonesia lho. Perjalanan dari Kuala Lumpur ke Penang melalui jalan tol (North-South Expressway) memakan waktu sekitar 4-5 jam. Kemudian kalian dapat menyeberang ke pulau Penang melalui Penang Bridge atau Jembatan Penang atau menggunakan jasa feri dari Butterworth.

Setiap pilihan dan cara untuk menuju ke Penang dari Kuala Lumpur ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung pada preferensi dan pilihan kalian, seperti kenyamanan, waktu, dan biaya.

Cara Menuju ke Penang dari Ipoh

Saat akan menuju ke Penang, saya dan kedua teman sedang berada di kota Ipoh. Jadi, untuk menuju ke Penang dari Ipoh ada beberapa cara yang bisa ditempuh, antara lain: 

Kereta Api

Kalian bisa naik kereta ETS (Electric Train Service) dari Stasiun Kereta Api Ipoh menuju Butterworth. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2-2,5 jam. Dari Butterworth, kalian lalu melanjutkan perjalanan ke pulau Penang dengan menggunakan kapal feri atau naik bus kota yang melewati jembatan Penang.

Bus

Ada beberapa bus ekspres yang berangkat dari Terminal Amanjaya di Ipoh menuju Penang. Perjalanan dengan bus memakan waktu sekitar 2,5-3 jam, tergantung kondisi lalu lintas. Bus biasanya akan berhenti di terminal bus Sungai Nibong atau Komtar di Pulau Penang. 

Mobil Pribadi atau Sewa

Jika kalian ingin berkendara sendiri, perjalanan dari Ipoh ke Penang melalui jalan tol (North-South Expressway) memakan waktu sekitar 2-3 jam. Setelah itu kalian harus menyeberang ke pulau Penang melalui Penang Bridge atau menggunakan jasa kapal feri dari Butterworth.

FYI, jalur bus dan kereta dari Kuala Lumpur menuju ke Penang pasti akan melewati kota Ipoh. Di kota Ipoh ini juga terkenal dengan beberapa kulinernya yang unik. Salah satu yang beberapa kali saya coba adalah Nasi Ganja Ipoh. Apakah kalian tertarik mencicipi kuliner di Malaysia ini? (EKW)


Comments

  1. Aku biasanya selalu naik bis, aeroline. Selalu yg ini Krn berhentinya di mall queensbay. LBH gampang buatku. Tapi kalo ke Penang lagi pengen cobain sewa mobil mbaa 😄. Biar bisa kemana2. Sampe nyebrang ke Butterworth dan bukit mertajam. 4 tahun kuliah di Penang aku belum pernah ke bukit mertajam 😄. Seru sih kayaknya kalo sewa mobil LBH banyak yg bisa dilihat.

    ReplyDelete

Post a Comment