Healing Sejenak di Kebun Teh Jamus Ngawi

Kabupaten Ngawi memang punya banyak wisata sejarah yang indah. Selain Benteng Pendem Ngawi, ada juga wisata alam sekaligus bersejarah di Ngawi. Tempat wisata itu adalah Kebun Teh Jamus Ngawi. 

tempat wisata di Ngawi, Jawa Timur

Lokasi

Kebun Teh Jamus Ngawi terletak di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi dan berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Ngawi. Kebun teh ini berada di ketinggian sekitar 800-1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam hijau yang indah. Itulah sebabnya kebun teh Jamus Ngawi ini menjadi salah satu tujuan wisata alam yang populer di Kabupaten Ngawi

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk memasuki kawasan Kebun Teh Jamus Ngawi, pengunjung harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000,- per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Kebun Teh Jamus Ngawi dibuka mulai dari pukul 07.00 pagi hingga 05.00 sore. Meski demikian, buat kalian yang ingin menikmati momen matahari terbit atau matahari terbenam, bisa menghubungi pengelolanya untuk perpanjangan waktu kunjungan di sini.

tempat wisata di Jawa Timur

Cara Menuju Ke Kebun Teh Jamus Ngawi

Buat kalian yang ingin mengunjungi Kebun Teh Jamus Ngawi, kalian harus terlebih dahulu menuju ke Kota Ngawi. Biasanya, untuk mengunjungi kota Ngawi, bisa melalui kota Surabaya di Jawa Timur atau Kota Solo di Jawa Tengah.

Naik Kendaraan Pribadi

Dari Surabaya, ikuti jalur tol Surabaya-Madiun, lalu keluar di pintu tol Ngawi. Setelah itu, ikuti jalur menuju arah Paron dan Sine. Setelah sampai di Kecamatan Sine, ikuti saja petunjuk arah menuju Desa Girikerto, tempat di mana Kebun Teh Jamus Ngawi berada.

Dari Solo: Ikuti jalur utama Solo-Ngawi, kemudian masuk ke jalan menuju Kecamatan Sine. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk arah ke desa Girikerto.

Menggunakan Transportasi Umum

Jika kalian menggunakan transportasi umum dari Surabaya atau Solo, naiklah bus antar kota menuju Ngawi. Setibanya di terminal bus Ngawi, kalian bisa naik angkutan umum (angkot) atau ojek menuju ke arah Paron.

Setelah sampai di Paron, lanjutkan perjalanan dengan angkutan umum yang menuju Kecamatan Sine. Dari Kecamatan Sine, kemudian lanjutkan perjalanan dengan ojek menuju Desa Girikerto, tempat Kebun Teh Jamus berada.

Tempat wisata di Jawa Timur

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Jamus

Sebagai kawasan perkebunan teh sekaligus tempat wisata, kebun teh Jamus Ngawi ini memiliki beberapa daya tarik yang bisa membuat kalian betah untuk berlama-lama mengunjunginya. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kebun Teh Peninggalan Belanda

Saat pertama kali dibangun di tahun 1886, kebun teh ini merupakan milik seorang pengusaha asal Belanda bernama Van Rappard. Di tahun 1928, kebun teh ini pun dikelola PT Candi Loka yang menyerap tenaga kerja dari masyarakat di sekitarnya.  

“Di perkebunan ini kebanyakan tanaman tehnya masih asli dari tahun 1928. Biasanya 4-5 tahun sekali kami pangkas dengan hanya menyisakan batang dan akarnya saja untuk peremajaan. Hanya sedikit yang kami ganti tanamannya.” demikian kata Ahmad Heri, Kabag Agrowisata Kebun Teh Jamus.

Produk tehnya pun bermacam-macam, mulai teh hijau hingga teh hitam. Kalian bisa mencicipi langsung dan membeli produk UMKM di Kebun Teh Jamus Ngawi.

  • Penangkaran Rusa

Selain kebun teh, di sini juga terdapat sebuah penangkaran rusa. Para pengunjung bisa ikut memberi makan rusa yang terdapat di tempat penangkaran ini.

  • Borobudur Hills

Kebun teh Jamus Ngawi ini juga terkenal dengan sebutan Borobudur Hills karena ada sebuah bukit teh yang bentuknya berundak-undak dan disebut-sebut mirip dengan struktur candi Borobudur. Pengunjung bisa naik ke atas bukit ini dan menikmati keindahan dan hijaunya perbukitan teh di sekelilingnya.

  • Kolam Sumber Lanang

Kolam Sumber Lanang adalah kolam renang yang mata airnya berasal dari Gunung Lawu. Air pengisi kolam ini berasal dari sumber mata air langsung yang bernama Sumber Lanang.

Tempat wisata di Jawa Timur

Kondisi airnya begitu jernih dan sangat dingin, sehingga saat pertama masuk ke kolamnya sih sudah pasti langsung menggigil kedinginan. Buat orang-orang seperti saya yang tidak kuat berenang atau berendam di air yang dingin, bisa duduk-duduk di saungnya sambil menikmati kesejukan alam Kebun Teh Jamus.

  • Mencicipi Teh Jamus

Berwisata ke kebun teh sudah pasti harus mencicipi rasa tehnya dong. Meskipun saya penggemar kopi, namun sudah barang tentu tidak akan melewatkan momen untuk mencicipi teh langsung dari kebunnya. 

tempat wisata di Jawa Timur

Rasa teh Jamus pun berbeda dari teh pada umumnya. Lebih sedikit kental tapi tidak terlalu pekat. Salah satu keunggulan teh Jamus ini juga terletak pada daun tehnya yang tidak mudah basi. Itu sebabnya hasil kebun teh Jamus menjadi bahan utama produksi beberapa merek teh terkenal di tanah air.

Berwisata di Kebun Teh Jamus Ngawi sudah pasti cocok untuk healing karena alamnya yang masih hijau dan udaranya yang segar. (EKW)


Comments

  1. Aku sukaaaa kalok kebun teh. Krn selalunya perkebunan teh ada di lokasi sejuk kan. Makanya bikin betah 😄. Cocok buatku yg ga kuat panas.

    Apalagi ini perkebunan tehnya udah lama ya Mbaaa. Hebat msh bertahan sampai skr. 👍👍. Sama sih, aku sendiri LBH suka kopi, tp ga nolak utk minum teh sesekali apalagi kalo tehnya berasal dari perkebunan langsung begini.

    Menikmati sejuk udara di kebun teh, sambil nyeruput teh anget, beuugh enaaak 😍

    ReplyDelete

Post a Comment