Menanti Matahari Terbenam di Pantai Imbo Poso

Hari sudah menunjukkan pukul 15.00 WIT saat saya akhirnya menyudahi kunjungan saya di Air Terjun Saluopa dan Danau Poso di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Saatnya kembali ke kota Poso dan kembali ke hotel untuk beristirahat. 

Tempat wisata di Poso, Sulawesi Tengah

Meski waktu saya cuma dua hari di kabupaten yang memiliki julukan Kota Eboni ini, masih banyak tempat dan wisata lainnya yang belum sempat saya kunjungi. Beberapa berada jauh di luar kota Poso sehingga perlu tambahan waktu jika ingin mengunjunginya

Namun sebelumnya kembali ke kota Palu untuk terbang pulang ke Semarang, saya ingin berkunjung ke sebuah pantai yang berada di kota Poso. Kali ini, pantai dari lautan luas. Pantai itu bernama Pantai Imbo. 

Lokasi

Pantai Imbo terletak di kota Poso, tepatnya di Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso. Pantai ini terletak di Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-Una hingga ke Kabupaten Banggai dan Luwuk.

Dari hotel tempat saya menginap, jarak ke Pantai Imbo ini hanya sekitar 6 kilometer, atau sekitar 15 menit berkendara. Makanya kalau ke Poso wajib banget main ke pantai ini karena lokasinya yang berada di dekat pusat kota Poso. 

tempat wisata di Poso, Sulawesi Tengah
Tempat wisata di Poso, Sulawesi Tengah

Jam Buka dan Tiket Masuk

Pantai Imbo di Poso adalah destinasi wisata alam di Poso yang terbuka sepanjang hari, 24 jam. Meski sudah menjadi salah satu objek wisata komersial yang cukup terkenal, tidak ada jam buka resmi atau tiket masuk yang dikenakan bagi pengunjung. Namun ada biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000 yang dikelola oleh penduduk setempat. 

Jadi, kalian bisa datang kapan saja, baik untuk menikmati matahari terbit, bersantai di siang hari, atau menyaksikan matahari terbenam di laut Teluk Tomini.

Tips Mengunjungi Pantai Imbo Poso

Nah, karena bisa dikunjungi di waktu kapan pun saat kalian berada di Poso, maka berikut ini beberapa tips untuk mengunjungi Pantai Imbo:

Persiapkan Logistik

Bawalah makanan, minuman, dan perlengkapan sendiri karena fasilitas di pantai ini sangat terbatas. Saat berada di sana hanya ada satu warung yang ada di sana yang menjual makanan dan minuman ringan. Jadi kalau kalian berniat ingin piknik di sini, bawalah bekal makanan sesuai dengan yang kalian inginkan.

Pilih Waktu yang Tepat

Namanya pantai, sudah pasti akan cukup panas dan terik jika dikunjungi di siang hari. Itu sebabnya waktu kunjungan terbaik adalah saat pagi hari atau sore hari untuk menikmati suasana tenang dan pemandangan matahari terbit atau terbenam.

tempat wisata di Poso

Selain itu, pantai ini biasanya ramai di kala weekend. Jadi buat kalian yang suka tempat wisata yang tidak terlalu banyak orang, berkunjunglah ke Pantai Imbo Poso saat weekday atau hari kerja. 

Kenakan Pakaian Nyaman

Pakailah pakaian santai dan sandal yang mudah dilepas, serta jangan lupa sunblock untuk melindungi kulit. Bagaimanapun juga, membawa skincare saat traveling juga penting lho, terutama saat mengunjugi wisata Pantai Imbo Poso ini.

Jaga Kebersihan

Bawalah kantong sampah sendiri dan pastikan untuk tidak meninggalkan sampah di pantai. Ingat, leave nothing but footprints dan take nothing but photograph

Pantai Imbo Pos memberikan keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Keunikan Pantai Imbo adalah suasana yang relatif sepi dan alami meski berada di dekat pusat kota sehingga membuatnya menjadi tempat yang cocok bagi kalian yang ingin menikmati ketenangan dan keindahan alam tanpa keramaian. 

Buat saya, Pantai Imbo Poso adalah tempat healing terbaik setelah seharian bekerja dan melepas penat. Di sini, saya duduk sembari menanti matahari terbenam di ufuk barat. Masih banyak tempat wisata di Sulawesi Tengah yang belum saya jelajahi. Semoga suata saat nanti bisa eksplore lebih lama di provinsi dengan julukan Bumi 1000 Megalith ini. (EKW)


Comments

  1. Harus banget sih rencanain utk ke Poso suatu hari nanti. Indonesia timur ini belum banyak yg aku visit. Pengen banget nanti bisa kesana dan eksplor wisata juga kulinernya.

    Enak kalo pantainya Deket kota. JD ga susah akses kesana ya mba. Rasanya kalo nanti bisa jelajah Sulawesi, pengennya sewa mobil sih, biar lebih bebas juga. Dan flexible waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia Timur alamnya memang menakjubkan kak. Makanya kalau mau eksplore Indonesia Timur tuh harus spare lebih banyak waktu, karena kemungkinan bisa nambah hari untuk stay di sana saking gak rela pulang cepat. Heheh.

      Pantai Imbo ini memang tempat wisata di Poso yang paling mudah diakses sih, naik ojek pun bisa, jalan kaki (kalau kuat) juga boleh.

      Delete
  2. Pantai memang salah satu tempat healing terbaik terutama saat sunset dan sunrise. Dan aku selalu salut setiap membaca cerita wisata di sini, ada saja waktu untuk menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata di sela-sela kunjungan kerja 'kan ya?

    Membuat wawasan saya makin kaya akan keragaman alam Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Saya memang paling suka main ke wisata air di mana pun. Makanya sebelum berangkat saya pasti riset dulu cari wisata pantai, danau, atau sungai terdekat dari tempat menginap.

      Pantai memang paling enak buat nongkrong sore-sore bareng teman selepas kerja, buat healing melepaskan penat setelah seharian bekerja.

      Delete
  3. Wah, ketambahan spot dream list nih. Belum jadi jadi juga kain jauh ke Sulawesi.
    Nama-nama unik spotnya, sebagiannya sudah menjadikan destinasinya terasa spesial.
    Mudahan satu hari nanti main jauh juga ke pantai ini. Aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment