XL Peduli Disabilitas Siap Kerja: Belajar Dengan Isyarat, Bekerja Dengan Karya

Hari itu, Jum'at 2 Agustus, hari masih menunjukkan pukul 07.00 pagi di kota Pahlawan, Surabaya. Namun antusiasme beberapa peserta sudah terlihat dengan kehadiran mereka di lokasi pelatihan, Nutrihub Surabaya. Sebanyak 20 peserta dari Surabaya dan sekitarnya tampak penuh semangat untuk mengikuti kegiatan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja.

Pelatihan Literasi Digital untuk Disabilitas

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada Jumat dan Sabtu ini adalah merupakan pelatihan dan pendampingan bagi penyandang disabilitas. Hal ini dimaksudkan agar mereka memiliki skill terbaik ketika memasuki dunia kerja. 

Lewat program ini, XL Axiata ingin memberikan dukungan kesiapan kerja yang inklusif bagi para penyandang disabilitas. Menyediakan lingkungan kerja inklusif yang sesuai dengan prinsip yang dimiliki oleh XL Axiata, yaitu mendukung prinsip Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusivitas (Diversity, Equity, Inclusivity/DEI). 

Group Head East Regional XL Axiata Dodik Ariyanto mengatakan betapa pentingnya inklusi dalam dunia kerja. "Kita bicaranya adalah inklusif, bukan eksklusif. Artinya, jika inklusif, perlakuannya sama dengan yang lain," ujarnya. 

XL Peduli Disabilitas Siap Kerja

XL Peduli Disabilitas Siap Kerja di 4 Kota

Rangkaian CSR XL Peduli Disabilitas Siap Kerja ini diselenggarakan di 4 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan. 

Rangkaian program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja dimulai sejak 30 Juli 2024. Peserta pelatihan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja ini terdiri dari total 115 penyandang disabilitas, yang berasal dari enam mitra komunitas disabilitas lokal. 

Mereka adalah Rumah Difabel/Khadijah Sharaswaty Indonesia Medan, Dilans Indonesia Bandung, Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya, Feminis Themis Surabaya, Tim Bisindo dan Aksesibilitas Surabaya, hingga Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia.

Melalui rangkaian kegiatan ini, XL Axiata ingin memfasilitasi peningkatan potensi dan rasa percaya diri individu disabilitas agar mampu berinisiatif dan berkarya di lingkungannya. Dari 20 orang peserta yang ikut pelatihan ini, nantinya akan dipilih 2 orang yang berkesempatan magang di kantor XL Axiata regional Surabaya selama enam minggu atau satu setengah bulan.

Pelatihan Literasi Digital oleh Komunitas Bloggercrony Indonesia

Dengan menggandeng fasilitator dari Komunitas Bloggercrony Indonesia (BCC), pelatihan selama 2 hari ini pun berlangsung cukup padat dan penuh antusias. 

DI hari pertama, pelatihan literasi digital untuk  disabilitas teman tuli ini menghadirkan satu mentor yaitu kak Prita HW, pendiri Blogger Jember Sueger. Kak Prita memberikan materi mengenai digital marketing dan menjelaskan soal publikasi digital dan media sosial yang memainkan peran kunci dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan interaksi di media sosial.

Pelatihan Literasi Digital untuk Disabilitas
Kak Prita HW sedang memberikan materi pelatihan

Pada sesi bersama Kak Prita ini, teman-teman tuli juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik membuat konten saat pelatihan berlangsung. 

Di hari kedua, pemberian materi dilakukan oleh 2 orang fasilitator. Yang pertama adalah kak Farida, seorang tenaga ahli data science yang memberikan materi Digital Workplace

Fasilitator kedua adalah Kak Satto Raji dari Komunitas Bloggercrony Indonesia. Kak Satto memberikan materi Fotografi Dokumentasi Audiovisual dan Event. Dalam pelatihan ini juga peserta diberikan tugas untuk membuat beberapa foto dan video dengan memanfaatkan arah datangnya cahaya. Peserta pun terlihat antusias demi bisa memberikan hasil foto dan video yang menarik dan indah.

Lewat XL Peduli Disabilitas Siap Kerja ini, para teman tuli pun bisa belajar dengan menggunakan bahasa isyaratnya dan bekerja dengan hasil karya yang membanggakan di dunia kerja. (EKW)



Comments

  1. Waahh, masyaallah..keren banget yaaa XL peduli sama teman-teman disabilitas supaya punya kesempatan yang sama untuk berkarir dan berkembang. Teman-teman disabilitas ini sejatinya memang punya potensi juga sama dengan yang lain, hanya aja selama ini peluangnya terbatas. Good job, XL!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Program CSR ini keren banget karena membuka peluang yang lebih besar untuk teman-teman disabilitas masuk ke dunia kerja.

      Delete
  2. respect sekali dengan yang dilakukan XL, peduli untuk disabilitas siap kerja ini, semoga tahun-tahun mendatang acara ini bisa menjadi rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya program CSR XL Peduli Disabilitas ini akan menjadi program rutin mereka. Mudah-mudahan jadi tempat para teman disabilitas untuk berkarya di dunia kerja.

      Delete
  3. Wiih seruuu.. Apa di Malang juga ada? mau dong jadi volunteer nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini belum ada yang di Malang kak. Baru Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.

      Delete
  4. Program yang paling dinanti sama teman-teman disabilitas, senang banget lihat mereka semangat belajar, dan dikasih kesempatan untuk ikut program magang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, melihat mereka begitu antusias dan bersemangat untuk belajar dan bekerja tuh jadi bikin kita terinspirasi dan juga terharu euy.

      Delete
  5. Respect sekali dengan XL Axiata yang menggandeng berbagai komunitas disabilitas, memberikan pelatihan, demi mempersiapkan rekan-rekan kita ini untuk terjun berkarya secara nyata. Luar biasa keren nih XL Axiata. Semoga kegiatan ini makin meluas ke kota lainnya hingga menjangkau seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget kak. Semoga juga makin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh teman-teman disabilitas dan program ini bisa menjangkau kota-kota lain di Indonesia juga. Amin!

      Delete
  6. Salut banget melihat sinergitas provider XL ini sangat peduli dan membantu saudara saudari disabilitas. Harapannya semakin maju dan berlanjut terus solidaritas seperti ini ya kaka.

    ReplyDelete
  7. Suka sama kegiatan CSR semacam ini. Semoga XL Axiata dan perusahaan swasta lainnya juga getol untuk mengkampanyekan kegiatan-kegiatan untuk mewujudkan Indonesia inklusif ini

    ReplyDelete
  8. Ada CSR XL Peduli Disabilitas Siap Kerja di Bandung jugaa..
    Senang sekali bahwa ada yang terus bergerak untuk maju bersama. Dan yang menarik, ada kesempatan 2 orang untuk magang di kantor XL Axiata regional Surabaya. Nah, jadi semakin nyata untuk mengaplikasikan ilmu selama workshop kan ya..

    ReplyDelete
  9. Ngikutin updatenya di IG Bloggercrony acara XL Peduli disabilitas di beberapa kota. Aku salut sih sama BCC, XL, dan semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Pas yang di Bandung sebenarnya pengin daftar ikutan, tapi waktunya nggak pas dengan jadwal kerja

    ReplyDelete
  10. Keterbatasan tidak menghalangi teman2 disabilitas untuk bekerja dan berkarya. Senang sekali mengetahui XL Axiata dan BCC memberikan pelatihan literasi digital terhadap kawan2 disabilitas ini. semoga bermanfaat bagi mereka dan kita semua

    ReplyDelete
  11. Terima kasih banyak sudah menulis artikel ini, kakak! Aku bener-bener terkesan sama program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja. Artikel kakak nambah wawasan aku tentang pentingnya inklusivitas dan bagaimana XL Axiata benar-benar serius mendukung penyandang disabilitas lewat pelatihan yang keren ini. Salut banget sama semangat peserta pelatihan, apalagi yang dari Surabaya dan sekitarnya, mereka datang pagi-pagi dan penuh antusias!

    Aku juga seneng banget lihat kolaborasi sama Komunitas Bloggercrony Indonesia. Pelatihan digital marketing yang dikasih kak Prita pasti bermanfaat banget buat teman-teman tuli untuk bisa lebih percaya diri di dunia digital. Praktik bikin konten juga seru banget, pasti bikin peserta lebih paham dan siap buat terjun langsung.

    Program kayak gini bikin aku makin sadar kalau dunia kerja yang inklusif itu penting banget. Semoga makin banyak program seperti ini yang bisa menginspirasi perusahaan lain buat lebih peduli sama keberagaman dan kesetaraan di lingkungan kerja. Terima kasih, kakak, sudah berbagi cerita yang sangat inspiratif ini!

    ReplyDelete
  12. Wah keren banget BCC dan XL Axiata. Program yang sangat bagus, saat ini baru ada di 4 kota semoga next bisa buka di berbagai kota lainnya yaaa. Pelatihan ini pasti sangat bermanfaat buat teman-teman disabilitas, ilmunya sangat bermanfaat banget dan tentunya bisa menambah teman baru

    ReplyDelete

Post a Comment