Kek Lo Si Temple Penang:

Meskipun sebenarnya niat awal traveling ke Penang, Malaysia adalah untuk wisata kuliner di Penang, namun sebagai kota yang memiliki budaya dan sejarah yang menarik, maka tentu saja saya harus menyelipkan satu atau dua kunjungan ke tempat wisata sejarah dan budaya di Penang. Salah satunya adalah Kek Lok Si Temple. 

Traveling ke Penang Malaysia

Kek Lo Si adalah salah satu kuil Buddha terbesar dan paling terkenal di Malaysia, terletak di Pasar Air Itam, Penang. Kuil ini didirikan pada akhir abad ke-19 dan telah menjadi tempat ziarah penting bagi umat Buddha di Asia Tenggara. 

Lokasi Kek Lo Si Temple Penang

Kek Lo Si Temple berlokasi di Jalan Balik Pulau, 11500 Ayer Itam, Pulau Penang, Malaysia

Kuil ini terletak di kawasan Air Itam, sekitar 7 kilometer dari pusat kota George Town. Dari pusat kota, kamu bisa menuju ke arah selatan mengikuti rute menuju Air Itam, yang terkenal sebagai lokasi Kek Lok Si dan juga Bukit Penang (Penang Hill).

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Memasuki Kek Lok Si Temple sebenarnya tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, jika ingin masuk ke Pagoda Ban Po Thar, ada biaya sebesar RM 2, dan jika ingin menggunakan Sky Lift untuk menuju patung Dewi Kuan Yin, dikenakan biaya RM 6.

Kuil ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 21.00 waktu setempat. Selain pagi hari, malam hari juga menjadi waktu yang indah untuk berkunjung, karena nyala lilin, lampu, dan lentera di kuil ini benar-benar terlihat sangat indah di malam hari.  

Sejarah Kek Lo Si Temple

Sejarah Kek Lok Si Temple dimulai pada tahun 1890-an, ketika seorang biksu Buddha dari Fujian, Tiongkok, bernama Beow Lean, berinisiatif untuk mendirikan kuil ini di Air Itam, Penang. Saat itu, Penang merupakan pusat perdagangan penting di Selat Malaka, dan komunitas Tionghoa di sana cukup besar. Beow Lean ingin membangun kuil sebagai pusat spiritual dan kebudayaan bagi komunitas Buddha setempat.

Pembangunan Kek Lok Si didukung oleh beberapa donatur besar, termasuk dari orang-orang kaya dan pejabat Tionghoa, yang tertarik pada ide mendirikan kuil yang mewah dan megah di Penang. Kuil ini mulai dibangun pada tahun 1893, dan sejak awal pembangunannya, banyak pengrajin dan arsitek dari Tiongkok didatangkan untuk memastikan kuil ini memiliki keaslian dan detail arsitektur khas Tiongkok. Bagian pertama yang selesai dibangun adalah “Hall of the Devas” atau Balai Para Dewa.

Pagoda Ban Po Thar atau Pagoda Rama VI, yang merupakan salah satu ciri khas Kek Lok Si, dibangun antara tahun 1930-an dan 1935. Pagoda ini menggabungkan tiga gaya arsitektur: dasar pagoda yang bergaya Tiongkok, bagian tengah bergaya Thailand, dan puncaknya bergaya Burma. Nama pagoda ini diambil dari Raja Rama VI dari Thailand, yang memberikan izin khusus untuk pembangunan pagoda tersebut.

Seiring waktu, Kek Lok Si terus berkembang dengan penambahan beberapa paviliun, balai, dan patung. Patung Dewi Kuan Yin, yang kini menjadi ikon kuil ini, selesai dibangun pada tahun 2002. Patung tersebut memiliki tinggi 36 meter dan menjadi salah satu daya tarik utama Kek Lok Si.

Cara Menuju ke Kek Lo Si Temple Penang

Untuk menuju ke Kek Lok Si Temple dari pusat kota George Town, Penang, ada beberapa cara yang bisa kalian pilih:

1. Menggunakan Bus

Bus Rapid Penang menyediakan rute langsung ke Kek Lok Si Temple. Cari bus nomor 201, 203, atau 502 dari Terminal Komtar di George Town. Kalian bisa mengecek waktu kedatangan bus lewat googlemaps di tiap halte bus terdekat. 

Bus 203 dan 201adalah pilihan paling umum dan bisa langsung membawa kalian ke terminal terdekat dengan Kek Lok Si temple.

Bus menuju ke Kek Lo Si Temple

Perjalanan bus memakan waktu sekitar 30-40 menit, tergantung pada kondisi lalu lintas. Tarif bus biasanya berkisar sekitar RM 2-3 (sekitar Rp 6.500-10.000).

2. Menggunakan Taksi atau Grab

Taksi atau layanan transportasi online seperti Grab, AirAsia Ride atau Maxim adalah pilihan cepat dan nyaman.

Perjalanan dari George Town ke Kek Lok Si Temple dengan taksi memakan waktu sekitar 20-30 menit. Tarif taksi biasanya antara RM 20-30 (sekitar Rp 65.000-100.000), tergantung pada lalu lintas dan rute yang diambil.

3. Menyewa Sepeda Motor atau Mobil

Nah, buat kalian yang sudah niat keliling pulau Penang seharian, maka kalian juga bisa menyewa sepeda motor atau mobil untuk mencapai kuil ini. Sewa sepeda motor berkisar antara RM 30-50 per hari, sementara mobil bisa mulai dari RM 100 per hari, tergantung pada jenis kendaraan.

Dari George Town, perjalanan ke Kek Lok Si memakan waktu sekitar 20-30 menit dengan sepeda motor atau mobil. Setibanya di Kek Lok Si Temple, kalian bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan. Setelah itu kalian tinggal berjalan kaki menuju ke loket tiket masuk. 

Hal-Hal Menarik di Kek Lo Si Temple Penang

Kek Lok Si Temple Penang memiliki banyak hal menarik untuk dilihat dan dilakukan. Berikut adalah beberapa hal-hal menarik dan aktivitas yang bisa dinikmati di kuil ini:

1. Kolam Penyu

Hal pertama yang saya lihat begitu memasuki kawasan kuil Kek Lo Si adalah kolam penyu. Kolam ini dikenal sebagai "Liberation Pond," di mana kalian bisa melihat dan juga memberi makan penyu. Penyu dianggap sebagai simbol panjang umur dalam budaya Tiongkok.

kolam penyu di Kek Lo Si Temple

2. Aula Avalokitesvara

Aula Avalokitesvara adalah area utama untuk berdoa di kuil ini. Aula ini merupakan tempat suci berukuran besar yang berisi tiga patung Budhha raksasa. Jika kalian melihat ke dinding-dindingnya, terdapat ratusan patung Kuan Yin kecil berrwarna emas yang indah. 

3. Central Courtyard (Halaman Tengah)

Halaman tengah adalah halaman batu dengan air mancur yang dikelilingi oleh tangga batu beratap. Fitur utama dari halaman ini adalah Paviliun Taman Buddha, yaitu paviliun berbentuk bundar dengan patung Buddha di dalamnya. Bagian terbaik dari halaman tengah ini adalah lokasinya yang dikelilingi oleh beberapa situs utama di kuil, sehingga menawarkan pemandangan Pagoda Ban Pho Tar, Pagoda Tiga Tingkat, dan Aula Avalokitesvara.

4. Pagoda Ban Po Thar (Pagoda Sepuluh Ribu Buddha)

Pagoda ini merupakan perpaduan gaya arsitektur Tiongkok, Thai, dan Burma. Di dalamnya, terdapat ribuan patung Buddha dalam berbagai ukuran. Kalian bisa bisa menaiki pagoda hingga ke puncak untuk menikmati pemandangan kota Penang dan sekitarnya.

5. Patung Dewi Kuan Yin

Patung setinggi 36 meter ini adalah salah satu ikon utama Kek Lok Si. Patung ini berada di atas platform tinggi dan dilindungi oleh paviliun dengan pilar-pilar megah.

Saya dan keempat teman menggunakan lift untuk naik ke patung ini dan melihatnya dari dekat soalnya, setelah perjalanan sampai ke Pagoda Sepuluh Ribu Buddha saja sudah cukup melelahkan dengan berbagai tanjakan dan tangga euy.

Patung Dewi Kuan Yin

6. Pemandangan Panoramik

Dari ketinggian Kek Lok Si, kalian bisa menikmati pemandangan spektakuler kota Penang, laut, dan Bukit Penang. Tersedia beberapa spot yang menarik untuk berfoto.

7. Membeli Suvenir

Di sekitar kuil, terdapat berbagai toko kecil yang menjual suvenir, mulai dari patung Buddha mini hingga pernak-pernik khas Penang. Kebanyakan toko souvenir berpusat di area tempat lift menuju ke Patung Dewi Kuan Yin. Jadi sambil mengantri naik lift, kalian bisa melihat-lihat souvenir yang dijual di sini.

Kek Lok Si Temple adalah tempat yang memadukan keindahan arsitektur, spiritualitas, dan budaya. Kamu bisa menghabiskan beberapa jam untuk menjelajahi setiap sudut kuil ini, berfoto, atau sekadar menikmati suasana damai yang ditawarkan. (EKW)

Comments