Rekomendasi Wisata Kuliner di Penang, Malaysia

Penang adalah sebuah negara bagian di Malaysia, terkenal sebagai tujuan wisata populer yang kaya akan sejarah, budaya, dan kuliner. Buat yang ingin berwisata kuliner di Penang, banyak cara untuk menuju ke Penang dari Kuala Lumpur dan Ipoh

rekomendasi wisata kuliner di Penang, Malaysia

Pusat Wisata Kuliner di Penang, Malaysia

Penang, Malaysia, memang terkenal sebagai surganya kuliner. Berikut adalah beberapa pusat wisata kuliner yang wajib dikunjungi jika kalian sedang traveling ke Penang:

1. Gurney Drive Hawker Center

Salah satu pusat makanan jalanan paling populer di Penang. Di sini, kalian bisa menemukan hidangan seperti char kway teow, laksa Penang, satay, dan rojak. Tempat ini selalu ramai dengan penduduk lokal maupun wisatawan.

2. Penang Road Famous Teochew Chendul

Terkenal dengan cendolnya yang legendaris. Jika kamu suka es cendol yang manis dengan campuran gula melaka, kacang merah, dan santan, ini adalah tempat wisata kuliner di Penang yang wajib dikunjungi.

3. Lorong Baru (New Lane) Hawker Centre

Tempat ini ramai di malam hari dengan berbagai gerai yang menjual hidangan lokal seperti char kway teow, hokkien mee, loh bak, dan berbagai hidangan gorengan lainnya. Cocok untuk yang ingin merasakan sensasi makan malam ala Penang.

4. Kimberly Street

Terkenal dengan makanan jalanannya, khususnya kway chap, sup dengan mie pipih dan daging, serta berbagai makanan lokal lainnya seperti chee cheong fun (mie beras gulung dengan saus manis).

5. Lebuh Keng Kwee

Tempat ini juga memiliki variasi makanan jalanan, seperti asam laksa yang sangat populer di Penang. Rasa kuahnya yang asam dan pedas merupakan salah satu ciri khas kuliner di Penang.

6. Pulau Tikus Market

Di sini kamu bisa mencoba berbagai jajanan lokal, dari popiah (lumpia segar), apom balik (panekuk renyah berisi jagung manis), hingga ban chang kueh (panekuk kacang).

7. Siam Road Char Kway Teow

Ini adalah salah satu tempat terkenal untuk mencicipi char kway teow terbaik di Penang, yang sering kali antri panjang karena begitu populernya.

8. Air Itam Market

Terletak dekat dengan Kek Lok Si Temple, pasar ini terkenal dengan Penang asam laksanya. Kuahnya yang kaya rasa dan mie yang kenyal membuatnya menjadi salah satu tempat yang wajib dicoba bagi pecinta laksa.

Rekomendasi Wisata Kuliner di Penang, Malaysia

Tapi selama 3 hari 2 malam saya traveling ke Penang, tentu saja tidak semua area bisa saya datangi. Apalagi selama di sana saya sering tergoda untuk kelaur masuk cafe dan beli jajanan di pinggir jalan. Jadi, berikut ini beberapa tempat kuliner halal di Penang yang telah saya datangi. 

1. Dimsum Valet

Sala satu rekomendasi kuliner halal di Penang adalah Dimsum Valet yang dimiliki oleh seorang muslim Tionghoa ini. Alamatnya berada di Lebuh (Jalan) Keng Kwee 16, George Town, 10100 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

Dimsum Valet ini menyajikan beragam jenis dim sum dan hidangan khas Tiongkok. Kalian bisa memilih dim sum goreng maupun dim sum kukus. Selain itu, kalian juga dapat mencoba hidangan lain seperti chee cheong fun, sup mie wantan, char bee tai bak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Scoops Penang

Scoops adalah sebuah kedai es krim yang populer di kawasan George Town, Penang. Terkenal dengan es krim buatannya, Scoops menawarkan beberapa rasa yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Mulai dari rasa klasik seperti vanila dan cokelat hingga rasa khas lokal seperti durian dan cendol.

Scoops Penang

Sebenarnya saya ketemu dengan kedai es krim ini tidak sengaja saat sedang menyusuri Jalan Armenian buat hunting mural. Secara saat itu siang bolong dan panas, ngemil es krim sepertinya ide yang bagus. Scoops Penang ini beralamat di Lebuh Armenian, George Town, 10300 George Town, Pulau Pinang, Malaysia.

Saya pun memilih 2 rasa yang selalu jadi favorit saya, matcha dan kopi. 

3. Hammediyah Restaurant

Sebagai salah satu Nasi Kandar terbaik sekaligus yang tertua di Penang, Hameediyah memiliki sejarah panjang yang membuatnya begitu istimewa dan wajib dikunjungi. Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1907, restoran ini telah membuat para pecinta kuliner merasakan hidangan aneka kari lezat yang tetap setia pada resep turun-temurun. 

Ketika saya dan teman-teman sampai di restoran ini, saat itu menjelang jam makan siang. Jadi, antriannya pun mengular. Setelah hampir 30 menit, akhirnya giliran kami pun bisa dilayani. 

Hameediyah Restaurant Penang

Kebetulan saya dan Dwi sudah sepakat, jika makan makanan bertema nasi, kami akan makan sepiring berdua. Kesepakatan ini dibuat karena kami berdua tahu porsi nasi di Malaysia itu banyak banget. Jadi supaya tidak begah dan bisa tetap mencicipi jajanan lain, maka kesepakatan ini pun dibuat. 

Namun, saat staff Hameediyah mengetahui kami makan sepiring berdua, malah ditambahin nasinya dong. "Nanti tidak kenyang," katanya. Akhirnya kami berdua angkat suara, "jangan tambah nasi, tambah sayur dan lauk boleh," 

Akhirnya tetap saja kenyangnya pol banget euy. Rasa karinya memang juara. Memang layak restoran ini dianugerahi sebutan nasi kandar terbaik di Penang, sepadan dengan waktu menunggu 30 menit dalam antriannya. 

4. The Mugshot Cafe

Meski cafe ini cukup terkenal, sebenarnya saat saya masuk kesini kebetulan pas lewat saja dan sedang butuh wifi dan secangkir kopi untuk kerja. Saat melihat cafe ini juga menjual carrot cake alias kue wortel, auto langsung duduk deh. Apalagi sebelumnya sudah hujan-hujanan nyari ATM karena kehabisan ringgit. Kebanyakan jajan. Hehehe.

Mugshot Cafe Penang

Cafe ini terletak di 302, Lebuh Chulia, Georgetown, 10200 George Town, Penang, Malaysia.

5. Bee Hwa Cafe

Bee Hwa Cafe berada di Jalan Lebuh Dicken, tepatnya persis di seberang Kantor Ibu Pejabat Kontinjen Pulau Pinang. Meski bernama cafe, tapi tampilannya lebih mirip restoran nasi kandar pada umumnya sih. Bee Hwa Cafe buka di pagi hari jadi pas buat kalian yang sedang cari sarapan. 

Menu yang tersedia di Bee Hwa cafe diantaranya Curry Mee, Sang Mee, Mee Jawa, Nasi Goreng Tom Yam, dan Char Koay Teow. Secara selama beberapa hari di Penang selalu diguyur hujan, terutama di pagi hari, maka saya pun memesan seporsi Curry Mee panas. 

Saat menyeruput kuah Curry Meenya, itu memang rasanya luar biasa. Perpaduan rasa gurih, pedas dan kari yang kuat tapi tidak 

Itulah beberapa wisata kuliner di Penang Malaysia yang saya kunjungi. Masih banyak tempat yang belum saya datangi karena sebagian besar waktu saya traveling ke Penang tuh diguyur hujan, baik yang deras maupun gerimis sepanjang hari. Tapi, Alhamdulillah masih sempat main ke Kek Lo Si Temple juga yang terkenal itu. 

Nah, kalian punya rekomendasi kuliner di Penang, Malaysia, gak? Boleh dishare di sini. Siapa tahu berikutnya saya traveling ke Penang lagi bisa jadi tujuan berikutnya. (EKW)

Comments

  1. Makanannya mirip-mirip sama yg di Indonesia ya, pun enaknya karena masih di negara muslim jadi jelas mana yg halal dan mana yg mengandung B2 😆
    Kayaknya kalo ke Penang, mau mencoba banyak makanan ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Secara rasa memang mirip Indonesia, tapi di Malaysia rasa karinya lebih kuat sih karena ada influence dari India.
      Penang mah memang surganya kuliner. 3 hari 2 malam saya di sana pun rasanya masih kurang deh.

      Delete
  2. kayaknya di penang ini banyak orang cina ya, mbak kalau dilihat dari nama jalannya. penasaran euy sama kota penang soalnya kan sering jadi tujuan wisata dan juga tempat berobat orang Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penang memang perpaduan Melayu, Cina dan India. Makanya kulinernya pun perpaduan ketiganya.
      Harus banget banget main ke Penang karena wisatanya lengkap, mulai dari kuliner, shopping, sejarah dan budaya sampai mau berobat pun bisa ke Penang

      Delete

Post a Comment